Didominasi Lansia, Begini Kondisi Kesehatan Jamaah Haji Kloter Pertama Sulteng Tiba di Embarkasi BPN

Salah satu jemaah haji Kabupaten Banggai Kepulauan bersalaman dengan sanak saudara sesaat sebelum menuju Asrama Haji Transit Palu. (FOTO : dok Humas Kemenag Bangkep)

PALU, CS – Calon Jemaah Haji (CJH) asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung dalam Kelompok terbang (Kloter) BPN-8, Jum’at 24 Mei pagi dikabarkan tiba di Embarkasi Balikpapan dalam kondisi sehat wal afiat.

Jemaah Sulteng gabungan Kota Palu, Kabupaten Banggai Kepulauan dan Banggai Laut itu berjumlah 324 orang. Memulai perjalanan dari Asrama haji transit Palu ke Bandara Mutiara SIS Aljufri, kemudian ke Embarkasi Balipapan via Garuda Airlines, sekitar Puku 05.00 Wita.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Bimais Kemenag Sulteng Dorong Pengembangan dan Kapasitas KUA

Malam sebelumnya, di Asrama haji transit Palu, Kloter pertama dari Sulteng tersebut diterima sekaligus dilepas Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulteng, Ulyas Taha.

Ketua PPIH Provinsi Sulteng, H. Ulyas Taha saat menerima Jemaah Haji Kloter 8, di asrama Haji Transit Palu, Kamis 23 Mei 2024 malam. (FOTO : dok Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Diacara seremonial pelepasan itu, Ulyas Taha, yang juga Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Sulteng, mengatakan sangat mensyukuri persiapan penyelenggaraan haji berjalan dengan baik, dan berterima kasih karena seluruh biaya perjalanan lokal Jemaah Haji Sulteng ditanggung oleh Pemerintah Provinsi Sulteng dan Pemerintah daerah kabupaten/kota.

Ulyas Taha juga melaporkan penerbangan Jemaah Haji Sulteng terdiri dari  6 Kloter full dan 1 Kloter gabungan, yang bergabung dengan Kalimantan timur.

Baca Juga :  Hari ini DPC Organda Kota Palu Gelar Muscab ke VII

Jumlah  keseluruhan Jemaah Haji sebanyak 2094 orang termasuk petugas haji. Setiap Kloter berjumlah 324 orang yang sebelumnya telah melalui Istithoah kesehatan dan istithoah Maaliyah.

“Jumlah lanjut usia dari umur 60 sampai dengan 95 tahun sebanyak 560 orang lebih, sehingga tema haji pada tahun ini adalah Haji Ramah Lansia.Tema Haji Ramah Lansia akan memberikan kepastian bahwa Kemenag, panitia haji dan petugas berkomitmen memberikan pelayanan terbaik, utamanya kepada Jemaah Haji Lanjut Usia,” ungkapnya. **

Pos terkait