Anwar – Reny Sajikan Tiga Program BERANI Khusus untuk Kota Palu

Bakal calon Gubernur Sulteng, Periode 2024-2029, Anwar Hafid, saat deklarasi di GBK, Kota Palu, Rabu 14 Agustus 2024 malam. (Foto : channelsulawesi.id)

PALU, CS – Pasangan Bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Anwar Hafid – Reny Lamadjido sajikan program khusus untuk Masyarakat Kota Palu, jika mendapat mandat dari masyarakat memimpin Sulteng.

Program tersebut disampaikan Anwar Hafid, saat deklarasi di GBK, Kota Palu, Rabu 14 Agustus 2024 malam.

Bacaan Lainnya

Secara umum, Anwar menyampaikan, di momentum Pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun ini, dirinya dan dr.Reny, menawarkan 9 program BERANI. Namun, ada tiga program khusus untuk masyarakat Kota Palu.

Pertama, akan menghidupkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) agar lapangan kerja bisa terbuka.

Kedua, membuka Balai Latihan Kerja (BLK) bertaraf internasional. Agar anak muda yang tidak kuliah bisa dilatih untuk mendapatkan skill dan siap kerja.

Ketiga, membangun stadion bertaraf internasional. Agar Kota Palu sebagai ibu kota Provinsi Sulteng, bisa ramai dan sejajar dengan kota – kota besar lainnya.

Sembilan program unggulan BERANI yang disebutkan Anwar Hafid yakni,

Baca Juga :  Cagub Sulteng, Anwar Hafid Kukuhkan Relawan BERANI untuk Tiga Kecamatan di Banggai

1. BERANI Cerdas. Sebuah program yang bertujuan untuk memberdayakan Sulawesi Tengah, bersama Anwar dan Reny, melalui pendidikan. Program ini diberi nama NAMBASO (Anak Miskin Bisa Sekolah) yang berfokus pada pemberian kesempatan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Menurut Anwar, setelah anak-anak ini menyelesaikan sekolah menengah atas, mereka hanya mempunyai dua pilihan, yaitu, melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dengan biaya sekolah ditanggung oleh pemerintah, atau diberi pekerjaan untuk memastikan mereka tidak menganggur.

2. BERANI Sehat. Program ini mengutamakan peningkatan layanan kesehatan, termasuk cakupan BPJS gratis untuk pasien kelas III, apapun latar belakang sosial ekonominya. Inisiatif ini memastikan bahwa setiap orang, kaya ataupun miskin, memiliki akses terhadap layanan kesehatan berkualitas dengan hanya menggunakan KTP.

Untuk lebih meningkatkan layanan kesehatan, Anwar-Reny akan menghadirkan rumah sakit berstandar internasional, dengan staf dokter ahli yang direkrut dari luar daerah, dengan insentif menarik. Langkah ini bertujuan agar tidak ada lagi masyarakat yang sakit harus dirujuk keluar daerah.

Anwar Hafid optimis masalah penuntasan kesehatan di sulteng ini bisa terwujud karena sudah pernah dilakukannya ketika menjabat sebagai Bupati Morowali. Apalagi, dengan menggandeng Reny Lamadjido, yang merupakan seorang dokter sebagai wakilnya, semakin mempertegas bahwa masalah kesehatan di Sulteng dapat mereka tuntaskan.

Baca Juga :  ASN Magang Laporan ke Wali Kota Palu

3. BERANI Lancar. Program Ini akan berfokus pada peningkatan infrastruktur transportasi, khususnya dengan mengaspal jalan desa sepanjang 1000 km dalam 5 tahun, memfasilitasi transportasi produk pertanian dan meningkatkan kualitas hidup petani lokal secara keseluruhan.

4. BERANI Menyala. Program ini berupaya untuk pemerataan distribusi listrik, mengatasi kesenjangan pasokan listrik di Sulteng.

5. BERANI Berdering. Program ini bertujuan untuk mendorong pemerataan di bidang jaringan operator, sehingga tidak ada lagi daerah-daerah di sulteng yang kesulitan signal operator. Sebab, diera digitalisasi sekarang ini, semua berhubungan dengan yang namanya internet.

6. BERANI Murah. Program ini bertujuan untuk menekan harga sembako lebih terjangkau atau lebih murah bagi masyarakat.

7. BERANI Berkah. Program yang namanya Sulteng mengaji dan Sulteng berjamaah yang diharapkan bisa membawa keberkahan bagi daerah.

8. BERANI Panen Raya. Ini berfokus pada kepastian pasokan pupuk yang stabil bagi petani, yang pada gilirannya akan menghasilkan panen yang lebih melimpah.

9. BERANI Tangkap Banyak. Program ini menyasar para nelayan yang kesulitan melaut, karena langkahnya bahan bakar BBM dan tidak adanya modal bagi nelayan. Dengan menyediakan BBM dan modal, pasangan Anwar-Reny berharap dapat mendukung para nelayan.

Baca Juga :  Data Ranperda  APBD Pemkot 2023 Tidak Sinkron

“Cari pemimpin jangan coba – coba, lihat rekam jejaknya. Hanya orang – orang BERANI yang bisa membawa perubahan, membuat karya besar. Kalau daerah kita mau maju, di Pilkada ini momennya, gunakan sebaik-baiknya karena hanya satu kali dalam lima tahun. Kita adu ide gagasan dan rekam jejak,” ucap Anwar.

Dia menambahkan, dalam kesempatan itu, pasangan BERANI hanya ingin menegaskan, bahwa pasangan BERANI sudah siap berlayar, kapten kapalnya jelas dan sudah siap. Kapten kapal yang memulai karir dari Kades dan InsyaAllah jadi gubernur.

“Lihat rekam jejak calon, jangan asal pilih. Doakan tanggal 27 Agustus kami sudah siap mendaftar di KPU,” tegasnya.

Deklarasi Anwar – Reny itu dihadiri ribuan masyarakat yang dari Kota Palu dan kabupaten terdekat.

Deklarasi yang berlangsung meriah itu menghadirkan artis – artis papan atas. Salah satunya grup banda Tipe X.

Pasangan ini diusung oleh tiga Partai Politik (Parpol) yakni, Demokrat, PKS dan PBB.  *

YAMIN

Pos terkait