Komitmen Siap Jaga Kamtibmas, Poktan Plasma Buol Minta ini pada PT HIP

Poktan Plasma di Kabupaten Buol. (FOTO : Istimewa)

BUOL, CS – Kelompok Petani (Poktan) Plasma di Kabupaten Buol mendukung terciptanya  keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) wilayah. Namun disisi lain, mereka juga meminta agar pihak perusahaan dalam hal ini PT HIP (Hardaya Inti Plantation) untuk memberikan hak  bagi para kelompok tani.

Ketua Kelompok Tani Plasma, Sainul menyampaikan, jika pihaknya sangat setuju untuk mendukung aparat keamanan dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. Apalagi masih terjadi perselisihan antara kelompok tani plasma dengan pihak PT HIP.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Resah Dengan Ulah Tim Hukum Paslon Anti-Bali, Lima Poktan Datangi DPRD

Untuk itu, Sainul meminta agar pihak perusahaan memperhatikan juga dan memenuhi apa yang menjadi tuntutan atau hak para kelompok tani.

“Kami sangat mendukung upaya menjaga keamanan dan ketertiban wilayah ini. Tapi kami juga minta agar hak-hak kami juga diberikan oleh pihak perusahaan agar tidak menjadi masalah yang berlarut-larut,” tegas Sainul, Kamis 26 Januari 2023.

Beberapa waktu lalu memang terjadi aksi yang dilakukan oleh para kelompok tani plasma dengan pihak PT HIP. Kelompok tani menuntut ganti rugi atas tanah mereka yang dikelola oleh PT HIP.

Baca Juga :  Sehari, Dua Kabupaten di Sulteng dan Sulbar Diguncang Gempa

Mereka belum mendapatkan bagi hasil yang sepadan dengan buah sawit yang dihasilkan oleh kebunnya. Berbagai upaya yang telah ditempuh oleh pihak kelompok tani namun belum membuahkan hasil. Para petani pun meminta pemerintah daerah turun tangan dan membantu masalah yang dihadapi kelompok tani tersebut. **

Pos terkait