Gubernur Sulteng Buka Kongres Forum Kepala Desa Sivia Patuju di Tojo Unauna

Diselah-selah kongres, Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura membaur dan nampak akrab bersama kepala-kepala desa. (Foto : dok Humas Pemprov)

TOUNA, CS – Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, membuka Kongres Forum Kepala Desa Sivia Patuju yang berlangsung, di Aula Kantor Bupati Tojo Unauna (Touna), Kamis 22 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sulteng, termasuk Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH), Nelaon Metubun, Kadis Perumahan dan Permukiman (Perkimtan), Abd Haris Karim, Kadis Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Faidul Keteng. Kadis Perhubungan, Sumarno. Kalak BPBD, Aktis Fattah. Kadis Kesehatan, I Komang Adi Sujendra. Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Awaluddin, serta beberapa pejabat lainnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Di Forum Rakornas, Cudy : Dari 62 Perusahaan Sawit di Sulteng 41 Tidak Miliki Izin HGU

Dalam sambutannya, Gubernur Rusdy Mastura menekankan pentingnya peran kepala desa dalam memimpin dan melayani masyarakat. Ia berharap Kongres Forum Kepala Desa Sivia Patuju ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat pemerintahan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kabupaten Tojo Unauna.

“Kepala desa memiliki tanggung jawab besar untuk memimpin dan melayani masyarakat. Melalui kongres ini, saya mengajak seluruh kepala desa untuk menyukseskan program-program unggulan yang telah dicanangkan demi percepatan pembangunan desa,” kata Rusdy.

Gubernur juga menyoroti beberapa program prioritas yang perlu didukung oleh para kepala desa, termasuk program inseminasi buatan ternak sapi yang bertujuan untuk menghasilkan sapi berkualitas, serta program peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura. Kedua program tersebut diharapkan dapat menopang ekspor ke luar negeri sekaligus mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Baca Juga :  Debu Gunung Ruang Mengandung Racun Sulfur Ditoksida, Pemprov Sulteng Terbitkan Imbauan

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Touna, Muhamad Lahay, dalam sambutannya menyatakan bahwa forum ini menjadi wadah penting bagi para kepala desa untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman, serta mencari solusi bersama terhadap berbagai tantangan yang dihadapi dalam menjalankan pemerintahan desa.

“Saya berharap forum ini mampu menemukan inovasi-inovasi baru yang dapat mendorong percepatan pembangunan di desa sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, forum ini juga diharapkan menjadi sarana untuk menyuarakan aspirasi kepada pemerintah daerah, sehingga kebijakan yang diambil benar-benar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan nyata masyarakat di desa,” ujar Bupati Muhamad Lahay.

Baca Juga :  Kelangkaan Pupuk di Desa Mawomba Jadi Sorotan DPRD Tojo Unauna

Kongres Forum Kepala Desa Sivia Patuju ini diharapkan akan menghasilkan kebijakan-kebijakan yang mampu mendukung kemajuan desa-desa di Kabupaten Tojo Unauna, serta memperkuat sinergi antara pemerintah desa dan pemerintah daerah. *

Pos terkait