Pemprov Sulteng Lepas Kontingen Porwanas dan Pomnas, M. Nizar : Olahraga Harus Didukung Karena Harga Diri Daerah

Suasana pelepasan kontingen Porwanas Sulteng, di Aula Kedokteran Untad, Selasa 15 November 2022. (FOTO : channelsulawesi.id)

SULTENG, CS – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) diwakili Wakil Gubernur, Sulteng, Ma’mun Amir melepas kontingen yang akan berkompetisi di event Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) XVII di Padang, dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII di Malang, Jawa Timur.

Pelepasan dilaksanakan di Aula Fakultas Kesehatan Universitas Tadulako (Untad), Kompleks Kampus Untad, Selasa  15 November 2022. Dihadiri Rektor Untad, Prof. Ir. Mahfudz, Ketua KONI Sulteng, M. Nizar Rahmatu, Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi), Dr.Ir. Sagaf, Ketua PWI Sulteng, Tri Putra Toana, dan seluruh atlet yang akan berlaga di dua event tersebut.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  SMA Katolik Santo Palu Juarai Lomba Baca Teks Proklamasi Fraksi PKS

Dalam sambutan tertulis Gubernur yang dibacakan Ma’mun Amir, meminta kontingen untuk bersungguh-sungguh bertanding demi satu nama daerah yang sama dicintai, yakni Provinsi Sulteng. Ia berpesan untuk kembali dengan membawa prestasi positif sesuai dengan target masing-masing.

“Pesan saya, kembalilah sebagai sang juara. Hadapi dengan gagah, jangan gentar dengan atlet lain. Berjuang dan berbaktikan dirimu untuk Sulteng, jangan sampai Sulteng jadi medioker, tim penggembira, atau terlempar ke dasar klasemen. Jangan sampai. Tanamkan dalam diri, saya datang, dan saya menang. Pakaroso!,” tegasnya.

Namun demikian, kata Ma’mun,  perjuangan meraih prestasi haruslah dibarengi dengan sportivitas dan solidaritas. Karena menurutnya, percuma menang, kalau tidak sportif.

Baca Juga :  Sakinah Aljufri Tunaikan Aspirasi Peralatan Seni di SMPN 15 Palu

“Menjaga nama baik adalah poin penting yakni menjunjung tinggi sportivitas, ini adalah menjaga nama baik yang sesungguhnya,” tuturnya.

Gubernur juga berpesan untuk mengembangkan silaturahmi dan persaudaraan dengan kontingen lain.

“Tolong juga, kenalkan provinsi kita di ajang masing-masing, kepada atlet-atlet lain. Sehingga bisa mengenal Sulteng,” pintanya.

Dikesempatan berikutnya, Ketua KONI Sulteng, M. Nizar Rahmatu, mengaku mendukung penuh atlet-atlet yang bertanding untuk meraih prestasi. Sebab menurutnya, olahraga merupakan harga diri daerah.

“Membawa bendera Sulteng, saya selaku ketua KONI insyaallah mendukung sepenuhnya kontingen berprestasi. Olahraga ini urusan harga diri daerah, butuh seluruh pihak untuk berkontribusi demi prestasi untuk Sulawesi Tengah. Keberangkatan teman-teman  Porwanas, tidak lepas dari semangat. Insyaallah demi harga diri, martabat, harkat martabat, insyaallah kontingen bisa meraih hasil terbaik,” tuturnya.

Baca Juga :  Laporan Keuangan Pemprov Sulteng WTP Lagi

Rektor Untad, Prof. Mahfudz mengaku sangat mengapresiasi Atlet PWI dan Bapomi yang memiliki semangatjuang yang luar biasa, meski dana terbatas.

“Jangan kalah dengan daerah lain. Tunjukan dan buktikan kita bisa berprestasi di tingkat nasional,” pesannya.

Untuk diketahui, di perhelatan masing-masing, kontingen PWI Sulteng menargetkan lima medali emas, dan kontingen Sulteng untuk Pomnas menargetkan tujuh emas. **

Pos terkait