Bersama Kakanwil Kemenag Resmikan Gedung Baru, Walikota Janji Aspal Jalan ke MAN IC Palu

Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid dan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng, Rusman Langke menandatangani prasasti bangunan baru MAN IC Palu yang baru diresmikan, Senin 15 Maret 2021, (FOTO : IST)

PALU, CS – Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Palu, kembali meresmikan tujuh gedung baru sebagai fasilitas penunjang proses akademik peserta didik.

Tujuh gedung baru itu masing-masing, gedung pusat layanan keagamaan terpadu, gedung mess guru, gedung asrama terpadu, gedung pusat layanan kegiatan siswa, gedung pusat pembelajaran terpadu, gedung laboratorium terpadu, dan gedung perpustakaan.

Sumber dana bangunan itu berasal dari program Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2018, 2019 dan 2020.

“Alhamdulillah, hari ini ada tujuh gedung yang telah diresmikan, masing-masing dua oleh Wali Kota Palu, Hadiyanto Rasyid, dan lima oleh Kanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke,” ujar Kepala MAN IC Palu, Soim Anwar, Senin 15 Maret 2021.

Baca Juga :  Gerakan Coklit Hari Pertama Sasar Tokoh Masyarakat, Pejabat Pemerintah dan Penyelenggara Pemilu

Kata Soim, kedepan akan kembali dilakukan pembangunan asrama siswa dan mess guru, disesuaikan dengan kebutuhan yang ada, mengingat penerimaan siswa baru tahun ajaran 2022/2023 ada penambahan kuota. Dari 96 siswa ke 120 siswa, sehingga membutuhkan penambahan asrama siswa baru.

Begitu juga dengan mess guru, yang saat ini masih 27 unit, termasuk di dalamnya rumah kepala madrasah. Yang seharusnya minimal 36 unit.

“Kalau tidak ada halangan, InsyaAllah tahun anggaran 2021 mess guru, kita tambah lagi sebanyak 10 unit,” jelas Soim.

Meski demikian, Soim menambahkan, yang paling mendesak saat ini adalah fasilitas sarana jalan yang membutuhkan pengaspalan, begitu juga dengan pembangunan pagar.

Baca Juga :  Mamboro Palu Ulang Tahun ke-105

Ia berharap, pemerintah Kota Palu dapat membantu MAN IC untuk melakukan pengaspalan jalan, agar lebih mempermudah peserta didik dan tenaga pendidik di madrasah itu.

Menanggapi hal itu, Walikota Palu, Hadiyanto Rasyid, memastikan akan membantu madrasah unggulan Kemenag ini.

“Kita pastikan akan membantu melakukan pengaspalan,” kata Hadianto. (YM)

Pos terkait