Pemkab Donggala Gelar Sosialisasi dan Bimtek E-MEP ISEMAPA

Suasana pembukaan sosialisasi dan Bimtek Aplikasi E-MEP ISEMAPA, Senin 14 Maret 2022. (FOTO : channelsulawesi.id)

DONGGALA, CS – Dalam rangka penerapan sistim pelaporan pelaksanaan pembangunan terintegritas di Kabupaten Donggala Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala, melalui Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, menggelar sosialisasi dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi E-MEP ISEMAPA (Informasi Sistim Evaluasi Monitoring Ante Pelaporan), Senin 14 Maret 2022.

Kegiatan sosialisasi dan Bimtek yang berlangsung di Aula Kasiromu kantor Bupati tersebut, turut dihadiri oleh Staf Ahli, Pimpinan OPD,  Kepala Bagian Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, Camat dan Lurah.

Bupati Donggala, Dr Kasman Lassa, SH, MH, saat membuka secara resmi sosialoasi dan Bimtek tersebut, mengatakan Aplikasi E-MEP ISEMAPA merupakan upaya untuk mengefektifkan dan mengefisienkan pelaporan pembangunan daerah menuju pada peningkatan kualitas, dengan melakukan penyederhanaan terhadap format dan mekanisme pelaporan monitoring dan evaluasi kinerja pembangunan.

Baca Juga :  Dugaan Pungli Masih Terus Terjadi, Parahnya Dilakukan SPBU Depan Depot Pertamina Luwuk

“Untuk itu, tranformasi informasi melalui sistim digitalisasi merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan, termasuk Apkikasi E-MEP ISEMAPA (Informasi Sistim Evaluasi Monitoring Ante Pelaporan,Red) Kabupaten Donggala,” ujarnya

Sehingga, Bupati Kasman meminta kerjasama, keterlibatan dan kesungguhan dari semua pihak terutama para Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintahan Daerah Kabupaten Donggala selaku Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran (PA/KPA), agar segera melaksanakan dan memerintahkan pejabat dan operator, untuk mengikuti sosialisasi dan Bimtek.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Donggala, Kaharuddin, SE, M. Si, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut antara lain yaitu pertama memudahkan pimpinan (Bupati, Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah) selaku koordinator TPAD dalam memonitor kinerja masing-masing OPD.

Baca Juga :  Peristiwa Speed Naas di Laut Sonit, Calon Wakil Bupati Balut Wafat

Kedua, kata dia, menjadi alat dalam mengevaluasi target dan realisasi OPD, pada pelaksanaan Pra Rapim dan Rapim setiap bulannya yang dituangkan ke dalam pakta integritas antara Bupati dan Kepala OPD.

Lanjutnya, pelaksanaan sosialisasi dan Bimtek berlangsung selama 6 (enam) hari, mulai tanggal 14-19 Maret 2022.

Adapun narasumber pada kegiatan tersebut yaitu Kepala Biro Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, Drs. Arfan, M. Si dan Tenaga Ahli Provinsi Gorontalo Sebagai Hak Paten Aplikasi E-MEP, Arsyad Abas, Moh. Rusli Inggolo, S. Kom, M. Si, Untung Harry Wijaya, S. Kom, Arjad, Riyan Vikri Pratama dan Noer Fadhil Rahman. (ADK)

Pos terkait