Pemkab Donggala Gelar Apel Akbar di Lokasi Pembangunan Huntap Tompe

Bupati Donggala, Dr Kasman Lassa saat menyampaikan sambutan pada Apel Akbar di Desa Tompe, Kecamatan Sirenja, Kabupaten Donggala. (FOTO : IST)

DONGGALA, CS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Donggala melaksanakan Apel Akbar yang dipimpin langsung oleh Bupati Donggala, Dr Kasman Lassa, dan diikuti oleh seluruh Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Donggala, serta ratusan ASN di lingkungan Kabupaten Donggala.

Dalam sambutannya, Bupati Kasman menjelaskan bahwa Apel Akbar yang dilaksanakan di tempat itu, merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap para penyintas yang sampai saat ini belum terbangun Huntapnya.

Bacaan Lainnya
Baca Juga :  Kepala DKP Sulteng Apresiasi UPT Pelabuhan Perikanan Wilayah II-PPI Paranggi

“Kami selaku pemerintah daerah sangat peduli dengan masyarakat Sirenja yang sampai saat ini masih tinggal di Huntara. Tetapi, membangun Huntap bukan kewenangan Pemerintah Daerah, melainkan kewenangan Kementerian PUPR,” jelasnya.

Kata dia, pihaknya sudah berupaya agar pembangunan Huntap ini bisa segera selesai. Buktinya, Pemerintah Kabupaten Donggala sudah mengganggarkan Rp25 Miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) untuk pembebasan lahan pembangunan Huntap.

“Huntap bukan kewenangan Pemerintah Daerah tetapi pemerintah pusat. Informasi yang kami Terima kenapa sampai sekarang belum terbangun, karena tender pembangunan Huntap ini gagal tahun ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Donggala Ajak ASN Tingkatkan Disiplin dan Prestasi Kerja

Namun, kata dia, jika seandainya Pemerintah Kabupaten diberi kewenangan untuk membangun Huntap ini dengan menggunakan APBD, maka pihaknya memastikan bahwa pembangunan Huntap akan segera terealisasi dalam waktu dekat.

“Semua sudah ada aturannya, sehingga kami juga tidak bisa berbuat apa-apa. Karena menggunakan APBD itu harus sesuai aturan, kalau tidak sesuai aturan konsekuensinya masuk penjara, siapa yang mau masuk penjara?,” tegas Bupati. (ADK)

Pos terkait