PASANGKAYU, CS – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pasangkayu terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat.
Melalui program Jebol IKD “Om Kadis Sakti” (Optimalisasi Layanan Identitas Kependudukan Digital Melalui Satuan Aksi Kolaborasi Terpadu Inisiatif), tim Disdukcapil kembali turun langsung ke masyarakat.
Dipimpin langsung oleh Kepala Disdukcapil Pasangkayu, Muhammad Abduh, bersama para kepala bidang dan tim pelayanan, kembali melakukan pelayanan, di Shin Cafe dan Resto Azzahra Pasangkayu, Selasa (7/10/2025).
Muhammad Abduh mengatakan, program Jebol IKD merupakan upaya jemput bola pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) agar lebih mudah diakses oleh masyarakat di berbagai kalangan, termasuk pelaku usaha dan pekerja di sektor informal.
“Melalui program ini, kami ingin memastikan seluruh masyarakat memiliki akses cepat dan mudah untuk aktivasi IKD tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil,” ujar Abduh.
Menurutnya, pendekatan pelayanan di tempat umum seperti kafe dan restoran dilakukan untuk menjangkau masyarakat secara langsung dalam suasana yang lebih santai dan interaktif.
“Pendekatan ini juga bagian dari inovasi pelayanan publik agar Disdukcapil semakin dekat dan responsif terhadap kebutuhan warga,” tambahnya.
Selain melakukan aktivasi IKD, tim Disdukcapil juga memberikan sosialisasi terkait manfaat Identitas Kependudukan Digital dalam mendukung transformasi pelayanan publik menuju sistem berbasis digital.
Kegiatan Jebol IKD “Om Kadis Sakti” mendapat sambutan positif dari masyarakat yang hadir, karena dianggap memudahkan urusan administrasi kependudukan tanpa perlu antre di kantor.
Reporter: Anah