Panwascam Morowali Diimbau Jaga Integritas

Wakil Bupati Morowali, H. Najamudin (tengah) beserta Komisioner Bawaslu Morowali dan Anggota Panwascam se Kabupaten Morowali foto bersama usai pelantikan. (FOTO : channelsulawesi.id)

MOROWALI, CS – 27 anggota Panitia Pengawas kecamatan (Panwascam) se- Kabupaten Morowali resmi dilantik dan diambil sumpah janjinya.

Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua Bawaslu  Morowali, Mahfud Supu, selanjutnya dilakukan juga penandatanganan pakta Integritas. Kegiatan tersebut dilaksanakan, di Salah satu Hotel di Morowali, Kamis 28 Oktober 2022.

Bacaan Lainnya

“Buat teman-teman Panwascam supaya bekerja sesuai Tupoksi,” ucap Mahfud.

Baca Juga :  Berkat Binaan PT Vale, Kelompok Tani di Desa Kolono Sukses Gunakan Metode SRI Organik

Berikutnya, kata Mahfud, anggota Panwascam dapat menjalankan tanggung jawabnya secara profesional dan proposional, menjaga intergritas lembaga termasuk personal masing-masing.

“Tidak kalah penting, yakni membina hubungan baik terhadap sesama Panwascam,” pesannya.

Kata Mafud, bahwa Panwascam ini disiapkan untuk agenda penyelenggaran Pemliu serentak tahun 2024 mendatang, Pileg, Pilkada dan Pilpres, dan pengawasan terhadap penyelenggaraan itu harus dilakukan dengan benar dan sesuai tanggungjawab.

“Panwascam juga harus patuh mengikuti arahan dan perintah Bawaslu,” sebutnya.

Ditambahkan Ketua Bawaslu, mulai dari pelaksanaan tahapan perekrutan anggota Panwascam hingga pelantikan, semua kegiatannya berjalan sukses.

Baca Juga :  Calon Wakil Wali Kota Palu Andi Nur Lamakarate Tegaskan Komitmen Sejahterakan Masyarakat

“Tentunya mengenai kesuksesan yang demikian, sudah menjadi harapan bisa terulang di penyelenggaraan Pemilu 2024,” harapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Morowali, H. Najamudin saat memberikan sambutan  mengemukakan, penyelenggaraan Pemilu serentak, jika dicermati sering muncul pelanggaran. Maka dengan adanya pelanggaraan itu, memang perlunya pengawasan.

“Suksesnya penyelenggaraan Pemilu itulah yang keinginan kita semua,” ucap H. Najamudin.

Wakil bupati mengharpakan, anggota Panwascam menjalankan tugasnya sesuai aturan. Menghindari segala hal yang hanya berimplikasi menjadikan peyelenggaraan Pemilu sudah tidak sesuai lagi dengan perintah Undang-Undang.

Baca Juga :  Reses Taufik M Burhan, Warga Bonemarawa Minta Mobil Ambulance

“Benar saja, dalam hal pengawasan tugas dan kewenangan itu ada di Bawaslu. Tapi apabila kita menginginkan Pemilu yang bersih, adil dan demokratis mari kita bantu mereka. Caranya, ikut berpartisipasi melakukan pengawasan,” tandas H Najamudin.

Turut hadir dalam acara yakni Dandim 1311/Morowali, Letkol Inf Constantinus Rusmanto, Kabag Ops Polres Morowali, AKP Umar, perwakilan Kejaksaan dan Bakesbangpol Pemda Morowali beserta beberapa staf Sekertariat Bawaslu Morowali. (MRM)

Pos terkait